Apakah 20 merupakan faktor persekutuan terbesar dari 120 dan 160? Mari kita jelaskan

Saat membahas matematika, seolah-olah kita berada di dua sisi yang saling berseberangan. Di satu sisi, kita ingin menemukan fakta yang akurat dan jelas, sedangkan di sisi lain, kita ingin menjelaskannya secara santai agar mudah dipahami. Mari kita coba untuk menjawab pertanyaan ini dalam gaya penulisan jurnalistik yang santai!

Jadi, apa itu faktor persekutuan terbesar (FPB) dan bagaimana hubungannya dengan angka 20? Mari kita lihat lebih dekat.

FPB adalah angka terbesar yang dapat membagi habis dua angka atau lebih. Dalam hal ini, kita mencari FPB dari 120 dan 160. Nah, mari kita coba mencarinya secara santai!

Mari kita bayangkan angka 120 dan 160 memiliki “pertemuan” di sebuah ruang kosong. Dan angka 20 terbangun dalam posisi yang santai dan berkata, “Hei, aku adalah kandidat untuk menjadi FPB mereka!” Apakah angka 20 tersebut bisa menjadi FPB?

Mari kita coba mencari tahu. Jika kita memeriksa 120, kita dapat membaginya dengan 20, dan hasilnya adalah 6. Begitu juga dengan 160, bisa kita bagi dengan 20 dan ternyata hasilnya adalah 8. Kedua angka tersebut memiliki faktor yang sama, yaitu 20.

Namun, apakah 20 angka terbesar yang membagi habis 120 dan 160? Ah, terlihat seperti angka 20 harus mengalah pada pertempuran ini. Mari kita lanjutkan dan cari angka yang lebih besar!

Jika kita mencoba membagi 120 dengan angka yang lebih besar daripada 20, seperti 30, terlihat bahwa 120 bisa habis dibagi oleh 30. Begitu juga dengan 160, bisa kita bagi dengan 30 dan hasilnya adalah 5. Dalam hal ini, 30 merupakan FPB dari 120 dan 160.

Dalam realitasnya, 20 bukanlah FPB dari 120 dan 160. Angka yang lebih besar, yakni 30, adalah faktor persekutuan terbesar yang dapat membagi habis kedua angka tersebut.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan “Apakah 20 adalah FPB dari 120 dan 160?”, jawabannya adalah tidak. Meskipun 20 mencoba dengan baik, ia diungguli oleh 30 di pertarungan ini.

Sekarang, kita memiliki jawaban yang akurat tanpa meninggalkan nuansa santai dalam penulisan jurnalistik. Jadi, mari berterima kasih pada angka-angka dan matematika yang telah meramaikan hari kita!

Apa Itu FPB (Faktor Persekutuan Terbesar)?

Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) adalah bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis semua bilangan dalam suatu himpunan bilangan. Dalam kasus ini, kita akan mencari apakah 20 adalah FPB dari 120 dan 160.

Cara Mencari FPB

Ada beberapa cara untuk mencari FPB dari dua atau lebih bilangan. Salah satu metode yang umum adalah menggunakan faktorisasi prima.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah 1: Membongkar Bilangan Menjadi Faktor Prima

Untuk mencari faktor prima dari suatu bilangan, kita dapat membagi bilangan tersebut dengan bilangan prima secara berurut hingga tidak memungkinkan lagi. Misalnya, kita dapat membagi 120 dengan 2, karena 2 adalah bilangan prima dan 120 dapat dibagi habis oleh 2. Hasilnya adalah 60. Kemudian, kita dapat membagi 60 dengan 2 lagi, dan seterusnya, hingga tidak memungkinkan lagi.

Setelah mendapatkan faktorisasi prima dari kedua bilangan, kita akan memiliki:

Untuk bilangan 120 = 23 x 3 x 5

Untuk bilangan 160 = 25 x 5

Langkah 2: Mencari Faktor Persekutuan Terbesar

FPB dapat ditemukan dengan mengalikan faktor-faktor prima yang sama yang muncul dalam faktorisasi prima kedua bilangan tersebut. Jadi, bilangan mana pun yang muncul dalam faktorisasi prima kedua bilangan tersebut akan menjadi faktor persekutuan terbesar.

Dalam kasus ini, kita memiliki faktor persekutuan terbesar 2 x 5 = 10. Jadi, 20 bukanlah FPB dari 120 dan 160.

FAQ 1: Apa yang Dimaksud dengan Faktor Persekutuan Terbesar?

Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) adalah bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis semua bilangan dalam suatu himpunan bilangan. Dalam kasus ini, kita mencari FPB dari 120 dan 160.

FAQ 2: Bagaimana Cara Mencari Faktor Persekutuan Terbesar?

Salah satu cara untuk mencari FPB dari dua atau lebih bilangan adalah dengan menggunakan faktorisasi prima. Dalam faktorisasi prima, kita membongkar bilangan menjadi faktor-faktor prima dan mencari faktor-faktor yang sama. Kemudian, kita akan mendapatkan FPB dari bilangan tersebut.

Kesimpulan

Dalam kasus ini, kita telah menunjukkan bahwa 20 bukanlah FPB dari 120 dan 160. FPB dari kedua bilangan tersebut adalah 10. Penting untuk memahami konsep FPB sebagai bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis dua bilangan atau lebih. Dalam mencari FPB, faktorisasi prima merupakan salah satu metode yang umum digunakan. Dengan memahami konsep dan cara mencari FPB, kita dapat dengan mudah menentukan bilangan mana yang merupakan FPB dari dua bilangan atau lebih.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang FPB atau topik terkait matematika, kami sangat menyarankan untuk melakukan pencarian lebih lanjut dan memperluas pengetahuan Anda dalam hal ini.