“Makanya pake protektor mata terus karena babu banyak pakai perhiasan, jadi mata suka belekan,”

Artikel ini akan membahas tentang contoh kalimat penggunaan frasa “because of”, “due to”, dan “thanks to” dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan gaya penulisan jurnalistik yang santai. Frasa-frasa tersebut sering digunakan untuk menyebutkan alasan atau akibat suatu peristiwa. Yuk, simak contoh-contoh kalimat di bawah ini!

1. “Rumah kami selalu bersih-bersih tiap hari karena adikku alergi debu, jadi harus sering menyapu dan mengepel lantai.”
Ketika menggunakan frasa “because of”, kita bisa menjelaskan alasan mengapa rumah selalu bersih-bersih setiap hari. Adik yang alergi debu menjadi alasan penting mengapa mereka harus sering menyapu dan mengepel lantai.

2. “Acara konser dibatalkan karena hujan deras, sehingga penonton harus pulang dengan kecewa.”
Dalam kalimat ini, “due to” digunakan untuk mengungkapkan akibat dari hujan deras yang membuat acara konser harus dibatalkan. Sebagai hasilnya, penonton pulang dengan perasaan kecewa.

3. “Anak-anak puas bermain di taman bermain baru karena adanya permainan baru yang diinstal, sehingga mereka bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.”
Di sini, kita menggunakan “thanks to” untuk menunjukkan bahwa permainan baru di taman bermain memungkinkan anak-anak merasakan pengalaman yang menyenangkan. Permainan baru itu menjadi alasan mengapa anak-anak puas bermain di taman bermain baru.

Demikianlah beberapa contoh kalimat penggunaan frasa “because of”, “due to”, dan “thanks to” dalam bahasa Indonesia. Pemilihan frasa ini penting untuk memberikan penjelasan yang lebih spesifik tentang alasan atau akibat suatu peristiwa. Semoga artikel ini dapat membantu memperkaya pemahaman Anda dalam menggunakan frasa tersebut secara tepat.

Apa Itu “Because Of”, “Due To”, dan “Thanks To”?

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa ungkapan yang digunakan untuk mengekspresikan alasan atau sebab akibat suatu peristiwa. Tiga ungkapan yang sering digunakan adalah “because of”, “due to”, dan “thanks to”. Meskipun memiliki arti yang serupa, ketiga ungkapan ini digunakan dalam konteks yang berbeda dan memiliki nuansa yang berbeda pula.

“Because Of”

“Because of” digunakan untuk mengungkapkan alasan atau sebab akibat suatu peristiwa. Ungkapan ini menunjukkan bahwa peristiwa tersebut terjadi karena adanya suatu penyebab yang kuat. Ungkapan “because of” biasanya diikuti oleh noun atau noun phrase.

Contoh Kalimat:

– The match was canceled because of heavy rain.

– She couldn’t attend the meeting because of a sudden illness.

Pada contoh pertama, pertandingan dibatalkan karena hujan deras. Pada contoh kedua, dia tidak bisa menghadiri pertemuan karena sakit mendadak.

“Due To”

“Due to” juga digunakan untuk mengekspresikan alasan atau sebab akibat suatu peristiwa. Namun, ungkapan ini lebih formal dan sering digunakan dalam situasi resmi atau bisnis. “Due to” biasanya diikuti oleh noun atau noun phrase.

Contoh Kalimat:

– The delay in the project’s completion is due to technical difficulties.

– The success of the event was due to the hard work of the organizing committee.

Pada contoh pertama, penundaan penyelesaian proyek disebabkan oleh kesulitan teknis. Pada contoh kedua, kesuksesan acara tersebut disebabkan oleh kerja keras panitia.

“Thanks To”

“Thanks to” digunakan untuk mengekspresikan akibat positif dari suatu peristiwa. Ungkapan ini menunjukkan bahwa peristiwa tersebut berdampak positif atau memberikan manfaat. “Thanks to” biasanya diikuti oleh noun atau noun phrase.

Contoh Kalimat:

– We won the game thanks to our team’s excellent performance.

– The company’s profits increased significantly thanks to a successful marketing campaign.

Pada contoh pertama, kami memenangkan pertandingan berkat performa yang sangat baik dari tim kami. Pada contoh kedua, laba perusahaan meningkat secara signifikan berkat kampanye pemasaran yang sukses.

Cara Menggunakan “Because Of”, “Due To”, dan “Thanks To”

Penggunaan “because of”, “due to”, dan “thanks to” tidaklah sulit. Berikut ini adalah panduan penggunaannya:

1. “Because Of”

Masukkan “because of” sebelum noun atau noun phrase yang menjadi alasan atau sebab akibat suatu peristiwa.

Contoh Kalimat:

– The flight was delayed because of bad weather conditions.

– He missed the date because of his busy schedule.

2. “Due To”

Masukkan “due to” sebelum noun atau noun phrase yang menjadi alasan atau sebab akibat suatu peristiwa.

Contoh Kalimat:

– The cancellation of the event was due to unforeseen circumstances.

– The company’s failure is due to poor management.

3. “Thanks To”

Masukkan “thanks to” sebelum noun atau noun phrase yang menjadi akibat positif suatu peristiwa.

Contoh Kalimat:

– The company’s success is thanks to its dedicated employees.

– The rescue operation was successful thanks to the brave firefighters.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa perbedaan antara “because of” dan “due to”?

Kedua ungkapan tersebut sama-sama digunakan untuk mengekspresikan alasan atau sebab akibat suatu peristiwa. Namun, “because of” digunakan dalam konteks yang lebih informal, sementara “due to” digunakan dalam konteks yang lebih formal.

2. Apakah “thanks to” hanya digunakan untuk menyatakan akibat positif?

Iya, “thanks to” hanya digunakan untuk mengekspresikan akibat positif dari suatu peristiwa. Jika ingin menyatakan akibat negatif, lebih baik menggunakan “because of” atau “due to”.

Kesimpulan

Ungkapan “because of”, “due to”, dan “thanks to” memiliki perbedaan dalam penggunaan dan nuansa. “Because of” digunakan untuk menunjukkan alasan atau sebab akibat suatu peristiwa, “due to” digunakan dalam konteks yang lebih formal, dan “thanks to” digunakan untuk menunjukkan akibat positif dari suatu peristiwa.

Pastikan untuk menggunakan ungkapan yang tepat sesuai dengan konteks dan nuansa yang ingin diungkapkan. Dengan menguasai penggunaan ketiga ungkapan ini, Anda akan dapat mengekspresikan alasan atau sebab akibat suatu peristiwa dengan lebih jelas dan efektif dalam bahasa Inggris.

Ayo, mulailah menggunakan “because of”, “due to”, dan “thanks to” dalam percakapan sehari-hari atau tulisan Anda untuk lebih memperkaya pemahaman dan kemampuan bahasa Inggris Anda!

Artikel Terkait Lainnya :

Tinggalkan komentar


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

close