Padatahun 1526 dan 1527, Kesultanan Demak menyerang Sunda Kelapa yang saat ini dikuasai Kerajaan Pajajaran yang bercorak Hindu Faktor sosial-budaya yang ikut melatarbelakangi serangan Kesultanan Demak ke Sunda Kelapa adalah?

Padatahun 1526 dan 1527, Kesultanan Demak menyerang Sunda Kelapa yang saat ini dikuasai Kerajaan Pajajaran yang bercorak Hindu Faktor sosial-budaya yang ikut melatarbelakangi serangan Kesultanan Demak ke Sunda Kelapa adalah?

  1. A. Kebijakan monopoli perdagangan oleh portugis di tanah Jawa
  2. B. Adanya rencana portugis membangun benteng di Sunda Kelapa
  3. C. Adanya perjanjian dagang antara Portugis dan Kerajaan Pajajaran
  4. D. Adanya kekhawatiran ekspansi portugis ke wilayah – wilayah kekuasaan Demak
  5. E. Adanya kekhawatiran penyebaran agama Kristen oleh Portugis melalui Sunda Kelapa

Jawaban yang benar adalah: C. C. Adanya perjanjian dagang antara Portugis dan Kerajaan Pajajaran.

Dilansir dari Ensiklopedia, padatahun 1526 dan 1527, kesultanan demak menyerang sunda kelapa yang saat ini dikuasai kerajaan pajajaran yang bercorak hindu faktor sosial-budaya yang ikut melatarbelakangi serangan kesultanan demak ke sunda kelapa adalah C. Adanya perjanjian dagang antara Portugis dan Kerajaan Pajajaran.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. A. Kebijakan monopoli perdagangan oleh portugis di tanah Jawa adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. B. Adanya rencana portugis membangun benteng di Sunda Kelapa adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. C. Adanya perjanjian dagang antara Portugis dan Kerajaan Pajajaran adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban D. D. Adanya kekhawatiran ekspansi portugis ke wilayah – wilayah kekuasaan Demak adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. E. Adanya kekhawatiran penyebaran agama Kristen oleh Portugis melalui Sunda Kelapa adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. C. Adanya perjanjian dagang antara Portugis dan Kerajaan Pajajaran.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Artikel Terkait Lainnya :

Tinggalkan komentar


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

close